Kamis, 11 Agustus 2011

Kingkong Loncat ikutan lomba tujuh belasan.

Oia sebelum cerita panjang lebar tentang event lomba, keikutsertaan kingkong loncat pada lomba fotografi ini adalah yang pertama kalinya, jadi partisipasi ini semoga menjadi tanda & momentum bahwa kreativitas dua arah itu telah dimulai, dan tentunya besar harapan bagi kingkong loncat dapat memberikan feedback dan respon yang positif pula [amin].

Yap cukup kalimat pembukanya, dan.. berikut kisah pra-pengiriman materi lomba fotografi. [pertama-tama] Alhamdulillah... akhirnya hari ini [11/08/11] materi foto untuk lomba 17-an yang diadakan Bank Indonesia [BI] akhirnya terkirim juga. Kingkong loncat awal mula tahu info tentang lomba ini berawal dari sms-nya si Anggita, berikut screen shot isi sms-nya;


dan nggak pake lama, sekejap kilat langsung cari tahu tentang info tersebut melalui google. Yap! dengan cepatnya sederet info tersebut terbuka, dan berikut link info selengkapnya Lomba Foto Bank Indonesia 2011

Disini kingkong loncat akan mengulas sedikit tentang isi pokok mengenai lomba tersebut secara garis besarnya. Lomba fotografi ini mengangkat tema "Mendukung Kesejahteraan Masyarakat" dengan deskripsi sebagai berikut; Foto diharapkan dapat menampilkan proses, kegiatan, upaya, budaya atau nilai-nilai dalam masyarakat yang memberikan arti/dampak positif mendukung kesejahteraan bangsa dan negara.

Berdasarkan penjelesan kalimat diatas kingkong loncat mempersepsikan bahwa, foto tersebut adalah sebuah foto yang menggambarkan adanya aktivitas masyarakat yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Dan.. setelah proses pilih-memilih, menseleksi dan mempertimbangkan.. baik dari sisi teknis, penyesuaian tema, dan ketentuan panitia lomba, maka kingkong loncat memutuskan memilih foto sebagai berikut.


Keterangan Foto:
Judul: Semangat Kreativitas Karya Batik Anak Bangsa
Fotografer: Qaisa
Gear: Nikon D80 & Tokina 11-16mm f/2.8 DX
Focal Length: 11mm
F [diafragma]: 4.5
Exposure Time: 1/100"
ISO: 400
Kondisi cuaca: Cerah
Lokasi: Solo Batik Carnival 2011
Tgl Pengambilan: 25 Juni 2011
File Original [No editing]

Foto ini terpotret saat acara Solo Batik Carnival 2011 pada bulan Juni [lalu]. Kemudian apa istimewanya dari foto ini? foto ini ingin menyampaikan kepada kita semua, bahwasanya budaya batik pada level generasi muda itu masih terus meregenerasi dan teredukasi melalui lembaga pendidikan [sekolah]. Selain itu juga foto ini ingin menyampaikan sebuah pesan tentang semangat kreativitas dan bukti cintai produk dalam negeri sebagai warisan peninggalan budaya melalui karya batik anak bangsa.

Selain itu juga foto ini adalah sebagai bentuk potret kelompok masyarakat generasi muda yang berkontribusi kepada bangsa negara yaitu tetap menjaga warisan budaya, yang secara otomatis juga turut serta dalam mensejahterakan lingkungan sekitarnya baik industri batik, departemen pariwisata, departemen perdagangan, lembaga pendidikan, dan khususnya masyarakat batik Indonesia itu sendiri.

Naah.. berdasarkan narasi foto tersebut, kingkong loncat memutuskan foto ini [telah] memenuhi syarat dan kategori tema lomba yang telah ditentukan panitia lomba. Dan berikut adalah bukti foto kuitansi pengiriman materi foto ke alamat panitia.


demikianlah kisah ini tersurat, dan tak lupa kingkong loncat mengucapkan banyak terima kasih kepada;
1. Anggita Prita Wardhani, selaku informan yg memberi tahu tentang info lomba fotografi ini
2. Panitia SBC 2011, yang telah ikhlasnya menyediakan ruang untuk jeprat-jepret dokumentasi.
3. SMPN 17 Surakarta, yang dengan ikhlasnya menjadi objek fotografi kingkong loncat.
4. Bank Indonesia, selaku media dan wadah kreativitas "dua arah"
5. dan, untuk semua para makhluq Tuhan yang paling baik hati, yang belum tersebutkan satu persatu. terima kasih.

Akhir kata dari kingkong loncat, mohon doanya yaa.. semoga kingkong loncat MENANG dan.. Cinta fotografi, bravo kingkong loncat [jump] :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar